Notulensi Seminar Motivasi "Know Your Self"

  SEMINAR ONLINE SUPERIOR YOUTH IDEALISM

Bersama kak Ina Agustina, S.Kom.I, Ch,Cht  

Dengan Tema

(Know Your Self)

Berikut susunan panitia yang bertugas :


👤 Ketua Panitia     : Akhy Alvhi Syahrin Gunandar
👩🎓 Moderator             : Ukhty  Fiky Sri Lestari
🕵 Contact Person 1 :  Akhy Nafis F. N. Hidayat
🕵 Contact Person 2 :  Ukhty Nurlisa
🕵  Designer 1    : Ukhty Dian Fitriyani
🕵 Designer 2     : Akhy Al Faraby 
📥 Humas           : Ukhty Dian Fitriyani
📝 Notulen          : Ukhty  yeni amelia
👳🕵 Pembimbing    : Mr. Agus Budiman,M.Pd 



OFFICIAL ACOUNT OF SYI
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Salam Seperjuangan Untuk Sahabat Semua
Kami Ingin MengInfokan beberapa Hal kepada Teman-teman SYI
🔘 Apakah anda Ingin mengetahui info penting dari SYI ?
Silahkan Kunjungi Situs ini :
🌐     bit.ly/SYI-BLOG
INSTAGRAM
Silahkan Kunjungi Link Berikut :
🌐     : bit.ly/SYI-INSTAGRAM
TELEGRAM
LINE
Silahkan Bergabung melalui Link Berikut :
FACEBOOK
Silahkan klik Link berikut :
🌐    Fans Page Facebook :
🌐     Facebook Home :
“Lets Join Us, To Advance Indonesia”


 
NOTULENSI SEMINAR

  SUPERIOR YOUTH IDEALISM
BIODATA NARASUMBER SYI
 
📝 Nama Lengkap: Ina Agustina,S.Kom.I,Ch,Cht 
👉Nama Panggilan: Manda (mamah bunda) atau Teh Ina
🏥 TTL : Bandung, 31 Agt 1986
🏡 Domisili : Jalan Mars VII no 2 Rancasari Margahayu Bandung 
💖 Status : Ibu anak 3 
Suami: Setia Furqon Kholid, M.Pd., Ch, CI Anak-anak :
Setia Abdurrahman Fatih Elhafidz (7y)
Setia Muhammad Haikal Elhafidz (6y)
Setia Abdullah Saif ElFaruq (2y)
📚 Pendidikan : S1 komunikasi 
Riwayat Pekerjaan : Public Relation Radio MQFM 2009-2011, MC dan Moderator, Trainer Muslimah Owner ig @setia.fashion ,
nulis buku sama suami (SFK) Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta, editor buku suami Asyiknya Bangun Cinta, Muda Karya Raya, Tim editor buku suami yang baru Novel Sakura Yang Terpilih dan buku Hijrah Sama Dengan Move On, Bersama suami promotor STIFIN Bandung (Tes Kepribadian melalui sidik jari) 2015
👼 Amanah Sosial dan Dakwah : founder @muslimahinstitute, founder momsinstitute, ngisi mentoring,ngisi training,ngisi kulwap 

📌 Motto Hidup : Just For Allah
📧 Email : mandainaagustina@gmail.com


MATERI SEMINAR 

By. @mandainaagustina

Tak kenal maka tak sayang, peribahasa ini mungkin sudah tak asing lagi kita dengar. Ya memang benar, kita tidak akan benar-benar memahami pribadi atau sifat seseorang sebelum mengenal lebih dekat, serta kita akan sulit menyayangi jika kita belum mengenal seseorang lebih dekat. Begitupun dengan diri kita, sebelum kita mengenal oranglain, maka kenal lah diri kita sendiri. Sebelum kita menyayangi oranglain, maka sayangilah diri kita sendiri. 
Setuju???
Challenge:
Bercerminlah dan lihatlah sosok yang ada di dalam cermin dari atas ke bawah, dari bawah ke atas, perhatikanlah baik-baik.
Mengenal diri sendiri berarti memahami kekuatan dan kelemahan diri serta hasrat dan ketakutannya. Mengenal diri sendiri berarti mengerti keinginan dan impian sejatinya. Hal ini berarti juga menyadari kekhasan diri, kesukaan dan ketidaksukaan, serta toleransi dan keterbatasan diri. Mengenal diri sendiri berarti mengetahui tujuan hidup diri kita sendiri hingga mendefinisikan kesuksesan dan kebahagiaan sejatinya.
Namun, sebagai seorang muslim sudah semestinya kita mengenal konsep diri dalam Islam. Manusia diciptakan oleh Allah Subhanahu wata'ala dengan dua jenis unsur yakni unsur fisik atau jasmani dan unsur ruhani yaitu jiwa atau ruh. Dalam QS. At Tin ayat 4 Allah berfirman:

 لَقَ دْ خَلَ قنَا ٱ لِْنسََٰنَْ فِ ىْ أ حَسَنِْ ت قَوِي مْ


"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya."


Allah menciptakan manusia lengkap dengan jasadnya agar seorang manusia bisa dikatakan sebagai manusia karena tubuh atau raga tersebut adalah tempat dimana jiwa akan tinggal. 
Allah Subhanahu wata'ala juga meniupkan ruh saat seorang manusia masih berada dalam kandungan ibunya sebagaimana disebutkan dalam QS. Al Hijr ayat 29 :

 فإَذِاَ سَوَّ يتهُُْ وَنفَ خَتُْ فِيهِْ مِ نْ رُوحِي فقَعَوُا لَهُْ سَاجِدِينَْ


"Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud."
Setelah mengetahui potensi yg diberikan Allah kepada manusia maka kita harus mengetahui tujuan penciptaan diri kita. Pertama, dalam QS. Adz Dzariyat ayat 56,  Allah menciptakan jin dan manusia untuk beribadah

 وَمَا خَلَ قتُْ ا لجِنَّْ وَا لِْ نسَْ إِلَّّْ لِي عَبدُوُنِْ


Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku (saja)”
Kedua, dalam QS. Al Baqarah ayat 30 Allah menciptakan manusia sebagai Khalifah di bumi ini.


 ۖ  وَإِ ذْ قاَلَْ رَبكَُّْ لِ لمَلََئكَِةِْ إِنِ ي جَاعِ لْ فِي ا لْ رَضِْ خَلِيفَةْ


Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. 
Inilah pengabdian hakiki seorang hamba pada Rabb-nya yaitu melaksanakan pengabdian dengan cara menjalankan fungsi spesifik diri kita, sesuai dengan untuk apa kita diciptakan-Nya sejak awal. Fungsi diri yang spesifik inilah yang disebut dengan “misi hidup’ atau “tugas kelahiran”.
Manusia terbaik adalah ia yang menggunakan kemampuan terbaik yang dimilikinya untuk melaksanakan tujuan penciptaannya dengan segala perangkat yang telah diletakkan Allah dalam jiwanya. Semata untuk menjalankan peran khususnya atas nama Allah Ta’ala. Ia menyampaikan khazanah Rabb-nya bagi alam semestanya.
Inilah fungsi hakikinya sebagai manusia: menjadi “perpanjangan tangan Allah” untuk memakmurkan alam semestanya sendiri. Inilah makna sesungguhnya dari kata “khalifah”: pemakmur, bukan semata-mata penguasa.

Maka, mengenal diri berarti kita mengetahui peran spesifik yang Allah tugaskan kepada diri kita masing-masing dengan kekhasannya masing-masing. Kita tidak bisa melakukan semua hal, namun lakukanlah suatu hal dengan  niat, Ikhtiar dan tawakal yang maksimal.
Nah, sekarang saatnya Manda bercerita tentang perjalanan manda mengenali kepribadian diri sendiri. Sejak SD Manda bercita-cita menjadi seorang guru karena profesi guru sangat mulia dan bermanfaat. Hampir setiap hari Manda juga suka menulis kejadian sehari-hari di buku diary. Bahkan sekarang masih ada buku buku diary itu sampai berpuluh-puluh jumlahnya. Hasrat dan semangat menulis dan menjadi guru terus berkembang hingga Manda senang membuat cerpen dan novel walaupun sampai sekarang belum selesai selesai..he... Saat SMP Manda senang mendengarkan radio, setiap penyiar radio berbicara Manda mengikuti gayanya berbicara. Mulai darisitu Manda ingin jadi penyiar radio. Lalu mulai ikut pelatihan dan magang jadi penyiar radio. Lalu Manda baca buku tentang Personality Plus karangan Florence Littauer. Ia membahas tentang 4 buah jenis kepribadian manusia yaitu Sanguinis, Melankolis, Koleris dan Plegmatis. Manda lebih dominan Koleris- Sanguinis, namun pada dasarnya Manda merasa bisa menjadi keempatnya. 
Saat SMA Manda ganti haluan, cita-cita nya ingin menjadi announcer (penyiar radio), MC, moderator presenter, reporter, sutradara, dan yang berkaitan dengan dunia komunikasi. Akhirnya memutuskan kuliah jurusan Komunikasi. Manda ikut juga kursus MC dan broadcasting, lalu magang di radio dan tabloid. Manda ikut audisi presenter dan announcer, sayangnya hanya masuk 10-20 besar.
Alhamdulillah, Manda bekerja di perusahaan media tepatnya MQFM Radio Bandung dan sudah sering menjadi MC dan moderator acara- acara Islami juga. Saat Manda kerja Manda tertarik untuk memasuki dunia trainer, akhirnya hasrat menjadi guru, mentor dan dosen itu muncul kembali. Manda bergabung dengan lembaga Training dan mengikuti sertifikasi hypnoterapi. Manda jadi senang membantu oranglain untuk mengikhlaskan masa lalu dan bangkit menemukan potensi terbaiknya. Dengan banyak perenungan, shalat istikharah dan diskusi dengan suami, biidznillah..Manda melabeli diri dan mendedikasikan diri menjadi Motivator dan Sahabat Muslim Muslimah Untuk Melejitkan Potensi. Lalu Manda merancang program Sekolah Online Muslimah Institute, dengan visi misi mencetak para motivator dan inspirator Muslimah. Semoga terwujud..Laa haula walla quwwata illa billah
Semakin mendalami kepribadian, Manda jadi tertarik tentang dunia psikologi, tapi kan ga bisa ganti jurusan. Akhirnya Manda senang baca baca yang terkait dengan kepribadian. Mulai dari cara mengetahui kepribadian oranglain dari gaya bicaranya, gaya duduk, mimik mukanya, tanda tangan, tulisan dan lain sebagainya.
Alhamdulillah, tahun 2011 Manda menikah dengan suami yang sama-sama senang memotivasi oranglain untuk bangkit dan berkembang menjadi lebih baik. Lalu Manda dan suami menjadi promotor salah satu test Kepribadian bernama
STIFIN. STIFIN adalah Test Kepribadian melalui sidik jari yang dikembangkan oleh
Farid Poniman. Manda sangat terbantu karena test STIFIN betul betul menemukan potensi Manda sebenarnya. Hasil test nya sangat "GUE BANGET". Manda semakin yakin dengan langkah yang kami jalani. 
SESI TANYA JAWAB

NAMA PENANYA : FianiWulandari
ASAL : Sulawesi Selatan
INSTANSI : STKIP MUHAMMADIYAH BONE
PERTANYAAN   : tentang Know your self kak...D sini yang aku tanyain...gimana sih caranya kalau ternyata kita  gak tau tentang diri kita.. Misal kita perlu dan butuh apa...untuk mengenali diri kita itu dengan cara apa? 

Jawaban:
Syukran pertanyaan nya ukh Fiani, beberapa cara kita mengetahui potensi diri/bakat/passion kita diantaranya:

1.  Banyak berpikir,merenung, dan muhasabah diri
2.  Banyak tadabbur Al Qur'an dan Sunnah terutama kisah para Nabi, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dan para Sahabat, karena ternyata Allah memberikan potensi para Nabi dan sahabat Nabi berbeda-beda,bahkan para istri Rasulullah shalallahu alaihi memilih potensi unik masing-masing
3.  Ikut Test Kepribadian, inysaAllah Manda mengadakan test Kepribadian juga
4.  Banyak bertanya dan berdiskusi dgn orangtua, keluarga dan sahabat terdekat yg lebih mengenal diri kita

NAMA PENANYA : Siti Endah Purnamasari
ASAL : Sumedang
INSTANSI : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

PERTANYAAN   : Apa yang harus kita lakukan sebagai seorang Muslim jika sulit mengenal diri sendiri dan motivasi apa yang harus dibangun ketika kita bingung memilih tujuan hidup? 

Jawaban:
Syukron ukh Siti sudah bertanya, Alhamdulillah ukh Siti sudah mengikuti seminar online ini, hal ini menjadi salah satu ukh Siti jadi termotivasi untuk lebih baik lagi, lebih semangat memperbaiki diri, dan Istiqomah mengamalkan ilmu. Selanjutnya ukh Siti bisa mencari mentor)guru untuk mengembangkan potensi. Dulu Manda juga ikut seminar, training, organisasi dan kursus sehingga dapat pencerahan langsung dari ahlinya.

NAMA PENANYA : Rahmawati Aziz
ASAL : Kabaena Bombana
INSTANSI : IAIN Kendari
PERTANYAAN   : jika kita mendapat masalah lalu kecewa dengan diri sendiri karena bingung mau berbuat apa untuk mengatasinya lalu merasa down, bagaimana caranya agar kita bisa bangkit kembali dan yakinkan kepada diri kita sendiri kalau diri kita juga bisa sukses tanpa merasa minder dengan orang lain 

Jawaban:
Syukron ukh Rahma pertanyaannya, ingat setiap manusia unik, memiliki misi hidup tersendiri yg tak bisa digantikan yg lain, Allah tak mungkin tak sengaja menciptakan kita, pasti ada maksudnya. Allah saja yakin kita bisa menjadi hamba dan umat yg terbaik, masa kita minder sih. Ingatlah orang yg beruntung bukan karena harta tahta dan populer tapi karena taqwa, iman, dan Islam nya yg kaafah. Dengan mengetahui potensi diri bukan semata untuk kesuksesan dunia, jauh dari itu kita ingin menggapai kebahagiaan akhirat yg hakiki dgn ilmu yg bermanfaat dan amal jariyah kita.

NAMA PENANYA : Ilma Filiasari
ASAL : Kebumen, JaTeng
INSTANSI : MA WI Karangduwur
PERTANYAAN   : Bagaimana Cara kita mengetahui Bakat kita kak? Karena kan Kadang Diri sendiri aja Ngga Tau dimana Letak Bakat kita itu
Terus Klo kata-kata Bakat Kan biasanya Juga Ada Minat,, Gimana Cara Mengembangkan Minat Agar Kita tuh Bisa Seperti Apa yang kita Mau kak...  

Jawaban:
Syukran ukh Ilma pertanyaan nya, banyak merenung, shalat istikharah dan dibantu dgn mengikuti Test Kepribadian sehingga nanti bisa diarahakan bakat dan minatnya.


NAMA PENANYA : Olivia Rara
ASAL : Bekasi
INSTANSI : PU 
PERTANYAAN   : kak kalau misalkan kita udah senang sama fakultas apa yang kita pilih tapi orang tua lebih mau ke yang lain apa yang orang tua mau...kita harus gimana kak menyikapinya? 

Jawaban:
Syukron ukh Olivia pertanyaan nya, negosiasi kan pilihan kita kepada ortu dgn cara yg baik dan presentasi kan dgn penuh keyakinan masa depannya seperti apa

NAMA PENANYA : intan Rahayu delianty 
ASAL : bandung
INSTANSI : Universitas Bhakti kencana 
PERTANYAAN   :kak mau nanya bagaimana  caranya agar keinginan dengan perilaku yang di kerjakan nya sejalan 
Contoh nya kayak aku punya keinginan namun ketika di jalan kan itu tidak sesuai, kadang males kadang banyak banget alasannya sehingga keinginan itu hilang  

Jawaban:
Syukron ukh Intan pertanyaan nya, perbanyak bergaul dgn teman yg satu frekuensi dan harus punya mentor yg sesuai dgn profesi/impian/passion kita


Terimakasih.
 وَ السَّلامُ علَيْكمْ وَرَحمَةُ اللّهِ وَ برَكَا تهُ
💡 SUPERIOR YOUTH IDEALISM 💡


 

 

0 Komentar